Rabu, 21 April 2010

sport football

Sinyal Peringatan dari Bavaria untuk Eropa

Getty ImagesTebalBeritabola.com Munich - Bayern Munich yang sedikit terlupakan di kancah Eropa, siap kembali unjuk gigi. Kemenangan atas Lyon merupakan bukti bahwa Bayern harus diperhitungkan di Benua Biru.

Sejak menjuarai Liga Champions 2000/01, nama Bayern sedikit terbenam di antara klub-klub raksasa Eropa lainnya seperti Manchester United, Liverpool, Chelsea, Arsenal, Real Madrid, Barcelona, atau pun Inter Milan.

Padahal secara status, Die Roten merupakan salah satu klub elit Eropa, yang ditunjukkan lewat adanya emblem UEFA Badge of Honour yang melekat di lengan seragam mereka.

Tanda tersebut merupakan penghargaan atas keberhasilan tim ini menjuarai Liga Champions tiga kali berturut-turut di pertengahan tahun 1970-an.

Bandingkan dengan MU, Chelsea, atau Inter Milan, bahkan tim dengan permainan paling atraktif Barcelona misalnya, yang belum menyandang tanda kehormatan dari UEFA tersebut.

Kini tim asal Bavaria itu siap untuk membuktikan statusnya menyusul kemenangan atas Lyon di leg pertama semifinal, Kamis (22/4/2010) dinihari WIB.

"Menurut saya, malam ini kami telah menunjukkan kepada Eropa bahwa kami begitu kuat. Kami menunjukkan bahwa ketika harus tampil sepuluh orang, kami bisa mendominiasi lawan yang tampil sebelas pemain," demikian ujar pelatih Louis van Gaal seperti dikutip dari Reuters.

"Kami menciptakan banyak peluang ketika situasinya 10 kontra 11. Kemudian ketika pemain lawan kena kartu merah, saya memasukkan striker lain yakni Mario Gomez. Kami banyak mencipta kesempatan, namun hanya mencipta satu gol. Tapi, itu bagus," tegas pelatih asal Belanda tersebut.

Seperti dikutip dari situs resmi UEFA, dalam laga menghadapi Lyon pasukan Van Gaal menguasai pertandingan dengan posession 66 persen. Bayern melpaskan 16 tembakan, di mana enam di antaranya on target. Sementara Lyon empat tembakan dan dua di antaranya on target.

Kini Phillip Lahm dkk. tinggal selangkah lagi menuju partai puncak. Laga selanjutnya di markas Lyon harus dilalui dengan hasil positif guna memastikan tiket final, sebuah pencapaian yang juga akan mendongkrak reputasi sekaligus pembuktian status "elite" yang disandang Die Roten

Tidak ada komentar:

Posting Komentar